Pulau Sempu: Permata Tersembunyi di Timur Jawa

Take a pleasure destination

Selain Kepulauan Karimun Jawa, pulau ini mulai menjadi buah bibir di kalangan wisatawan.
Rasakan sensasi bercengkerama dengan alam liar di timur Pulau Jawa.

Keindahan pantai-pantai tersembunyi di Indonesia masih terus menjadi incaran destinasi para traveler. Dari Pulau Weh di wilayah paling barat sampai Raja Ampat di Papua, semuanya menyimpan eksotisme alamnya masing-masing. Tak melulu harus ke Pulau Dewata, wisata bahari di pulau lainnya juga layak untuk didatangi. Salah satunya adalah Pulau Sempu yang berada di selatan kota Malang, Jawa Timur. Mengunjungi kota Malang kini tidak terbatas pada wisata pegunungan di Batu, menyambangi perkebunan apel, atau sebagai persinggahan sebelum mendaki Gunung Bromo. Ternyata, di Malang juga terdapat wisata pulau dan pantai yang menyimpan surga alam tak ternilai.

Pulau Sempu terletak di seberang Pantai Sendang Biru, yang berjarak 65 km dari kota Malang, atau 38 km dari kota Turen. Bagi Anda yang ingin pelesiran ke pulau ini, Anda bisa mengambil rute penerbangan menuju kota Malang. Dari Malang, Anda dapat menyewa mobil atau menumpang kendaraan umum menuju Pantai Sendang Biru. Jarak yang ditempuh sekitar 90 menit hingga dua jam, tergantung kondisi lalu lintas dan cuaca. Jangan khawatir, jalanan yang menanjak dan berliku akan ditemani pemandangan alam berupa hutan liar yang menyejukkan mata.

Keramaian di Pantai Sendang Biru.

Sumber: brophotogallery.blogspot.com

Sesampainya di Pantai Sendang Biru, Anda akan disambut dengan birunya air dan pasir berwarna kuning mengkilap. Sesuai namanya, Sendang Biru berarti mata air berwarna biru. Dari kejauhan Anda sudah dapat melihat Pulau Sempu menyembul dengan rimbunnya pepohonan dan aneka satwa unggas berterbangan. Jangan buru-buru untuk menyeberang, karena Anda diwajibkan untuk mendaftarkan kunjungan di Kantor Polisi Hutan dengan membayar uang administrasi (tidak mahal sekitar Rp20.000). Karena Pulau Sempu merupakan cagar alam, maka para pengunjung diwajibkan untuk taat terhadap hukum dengan bersikap ramah terhadap lingkungan di sana.

Oleh pihak Polisi Hutan, selain mendapat penyuluhan dan peringatan mengenai alam Pulau Sempu, Anda juga akan ditawari jasa pemandu yang akan mengajak berkeliling pulau termasuk mendatangi Segara Anakan. Tidak perlu bingung, Anda boleh mengambil jasa pemandu atau berpetualang sendiri di Pulau Sempu. Tidak sulit untuk menemukan titik-titik wisata di pulau karena telah tersedia jalan setapak serta banyak wisatawan dan penduduk yang hilir mudik sehingga Anda dapat bertanya.

Pantai Sendang Biru dikenal memiliki pemandangan batu-batu karang yang begitu indah.

Sumber: pasirpantai.com

Kini saatnya menyeberang ke Pulau Sempu. Di bibir Pantai Sendang Biru banyak perahu yang siap mengangkut wisatawan hingga ke Pulau Sempu. Harga sewanya juga relatif terjangkau, semakin banyak penumpang, maka semakin murah biaya per satu orang. Tidak hanya itu, bila Anda ingin menyewa perahu untuk berkeliling pulau, maka dikenakan biaya tambahan yang juga terbilang masih ramah kocek. Mengarungi laut menuju Pulau Sempu hanya memakan waktu 10-15 menit.

Rimbunan pohon bakau akan menyambut Anda di Pulau Sempu, tentu saja dengan perhiasan air jernih dan pasir berwarna cerah yang menggoda. Segara Anakan dapat menjadi pilihan Anda pertama kali saat menginjakkan kaki di Pulau Sempu. Konon, keindahan alam di tempat ini sanggup mengalahkan pantai di filmThe Beach (2000) atau Krabi di Phangnga Bay, Thailand. Jarak dari pantai Pulau Sempu ke Segara Anakan sekitar 4 km dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar dua jam. Sekadar saran, gunakan perlengkapan yang nyaman karena medan yang ditempuh serupa dengan mendaki gunung.

Inilah Segara Anakan, permata tersembunyi di Pulau Sempu.

Sumber: pojokheri.wordpress.com

Perjalanan yang melelahkan kontan terbayar saat Anda sampai di Segara Anakan. Bagaimana tidak, Segara Anakan adalah laguna yang berpagar bukit karang dan di tengahnya adalah pintu menghampar ke Samudera Hindia. Hamparan pasir putih dan air jernih dangkal yang begitu tenang sudah pasti membuat kaki lelah ingin segera terjun ke air. Suasananya menyerupai perkampungan hippies di mana banyak traveler mendirikan tenda sembari bersantai berjemur matahari.

Eksotisme alam di Segara Anakan itu sayangnya belum didukung akomodasi pariwisata yang memadai. Ada baiknya Anda telah mempersiapkan segala keperluan logistik seperti makanan atau camilan serta pakaian ganti secukupnya selama berwisata di Pulau Sempu. Tapi di luar itu semua, berjalan-jalan di Pulau Sempu ini wajib untuk dicoba. Rasanya, pemandangan gedung pencakar langit, pengapnya polusi, dan omelan bos akan sirna sejenak saat mata memandang cermin langit yang terpapar di Segara Anakan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s