Lima Aksesoris Yang Wajib Dimiliki Pria

Aksesoris bukan lagi pelengkap gaya
Kenakan aksesoris ini dan sempurnakan penampilan Anda!
Walaupun tidak dipakai, aksesoris ini dapat menjadi investasi mode yang berguna suatu saat.

Perkembangan mode memang begitu pesat berubah jika selalu diikuti. Namun bagi sebagian pria, mode dan segala pelengkapnya seperti tetap menjadi kebutuhan sekunder. Motto pria dalam bergaya tidak jauh-jauh dari tiga hal: pantas, nyaman, dan tahan lama. Tidak jarang mungkin Anda melihat pria selalu berpakaian yang sama, atau memakai sepatu yang itu-itu saja. Wajar saja, karena pria memang berbeda dengan wanita yang begitu mengagungkan mode. Berbincang tentang mode, aksesoris pun rupanya bukan milik wanita saja. Jika Anda termasuk pria yang gemar mengoleksi dasi, gelang, atau ikat pinggang, semua itu termasuk jenis aksesoris mode.

Sebetulnya, ada beberapa aksesoris yang wajib untuk dimiliki oleh setiap pria. Bukan masalah harus dipakai setiap hari, dengan menyimpannya di laci lemari pun cukup menjadikan sebuah aksesoris sebagai investasi mode. Bagi Anda yang bekerja, kebutuhan pakaian sehari-hari mungkin tidak terlepas dari kemeja dan setelan jas. Atau bagi Anda yang bekerja dalam bidang yang lebih kasual, bisa jadi tuntutan berpakaian lebih fleksibel. Tapi aksesoris yang Anda miliki bisa menjadi penambah gaya dan kesan elegan dalam penampilan. Saat Anda harus menghadiri sebuah momen di mana ada tuntutan untuk berpakaian dengan gaya tertentu, tidak perlu panik meminjam kanan-kiri.

Cufflinks

Dengan menggunakan cufflinks, tampilan formal Anda akan terlihat begitu elegan.

Sumber: 2.bp.blogspot.com

Sepasang benda kecil ini mungkin terlihat seperti giwang. Tapi cufflinks adalah pengait lengan kemeja sebagai pengganti kancing. Umumnya cufflinks digunakan saat mengenakan kemeja tuxedo atau yang biasa dikenal sebagai French cuff atau double cuffs. Pria yang memahami mode tahu betul bahwa fungsi cufflinks merupakan sentuhan akhir dalam berpakaian formal. Tujuannya untuk membuat tampilan menjadi lebih impresif dan elegan. Saat ini cufflinks dapat dikatakan kembali populer di ranah mode pria dengan model yang lebih variatif dan modern. Dulu, model cufflinks terkesan kuno dengan warna-warna mencolok seperti emas, silver, lengkap dengan aneka batu permata. Cufflinks kini bukan lagi aksesoris milik pria paruh baya, Anda pun dapat mengaplikasikan aksesoris ini dalam pakaian formal dan dapatkan tampilan yang sangat classy.

Tie Bars

Pahami cara memakai tie bars agar sesuai dengan fungsi sebenarnya.

Sumber: trashness.com

Sebut saja aksesoris ini penjepit dasi. Dilihat dari fungsinya pun sederhana, untuk merapatkan dua sabuk dasi agar terlihat rapi. Aksesoris ini merupakan salah satu aksesoris yang wajib dimiliki pria. Suatu saat, Anda pasti akan membutuhkan perangkat mungil ini dalam satu kesempatan. Bagi Anda yang belum tahu, ternyata ada beberapa peraturan saat memakai tie bars. Pertama, tie bars hanya digunakan untuk menjepit dua sabuk dasi, jangan jepitkan sabuk dasi bersama kemeja Anda. Efek kemeja yang dijepitkan bersama dasi akan terlihat kaku yang justru akan mengurangi penampilan.

Kedua, tie bars jangan sampai menjadi pusat perhatian penampilan. Prioritas gaya Anda tetap terfokus pada dasi, karena fungsi tie bars tetap sebagai aksesoris pelengkap. Pilihlah tie bars dengan desain yang tidak terlalu mencolok, cukup terlihat seperti sebilah silver kecil tanpa taburan permata atau aksen emas berlebihan. Ketiga, posisikan tie bars di antara kancing ketiga dan keempat pada kemeja Anda. Pemakaian tie bars yang terlalu tinggi atau kerendahan malah membuat penampilan terlihat janggal. Keempat, sesuaikan ukuran tie bars sesuai lebar dasi. Usahakan ukuran tie bars maksimum 3/4 dari lebar dasi tapi.

Pocket Square

Dengan pemilihan material dan motif yang tepat, pocket square akan menimbulkan aksen flamboyan dalam gaya Anda.

Sumber: trashness.com

Fungsi sapu tangan tidak hanya sebagai pengelap keringat, tapi kini lebih dari itu. Pocket square telah menjadi benda mode yang akan menimbulkan kesan flamboyan pada penampilan seorang pria. Jangan takut terlihat feminin, karena pocket square justru menambah citra elegan dan wibawa pada diri Anda. Pemilihan material pocket square harus betul-betul diperhatikan. Lazimnya, sebuah pocket square dibuat dari bahan sutera atau satin karena akan menimbulkan siluet mengkilap yang kontras dengan jas yang dikenakan. Soal warna dan motif, pocket square sangat fleksibel tergantung acara yang Anda datangi. Warna-warna pastel cocok untuk dikenakan saat menghadiri acara sore hari, seperti garden party atau cocktail party. Sementara untuk acara yang lebih formal, pilihlah warna yang lebih tegas dan tanpa motif untuk memperkuat aksen mewah pada penampilan.

Sunglasses

Di antara sekian banyak sunglasses, ada beberapa jenis yang lazim dipakai pria.

Sumber: trashness.com

Kacamata hitam merupakan satu benda mode yang juga wajib dimiliki pria. Siapa yang menyangkal jika mata sudah ditutupi sunglasses, ketampanan seolah naik tiga kali lipat dari biasanya? Sebagai senjata ketampanan, maka sunglasses layak untuk Anda miliki. Cukup simpan selalu sunglasses di laci kendaraan Anda sehingga tidak perlu repot saat membutuhkannya. Ada beberapa jenis sunglasses bagi pria yang sedang populer saat ini seperti aviator, wayfarer, flat tops, dan sport sunglasses. Semua jenis sunglasses itu adalah perputaran mode yang kembali mengusung nuansa retro dalam bentuknya.

Aviator adalah jenis sunglasses untuk pria yang paling lazim digunakan karena sifatnya yang long lasting. Seringkali sunglasses jenis aviator diasosiasikan sebagai kacamata hitam untuk pilot atau militer. Tak salah memang, apalagi sejak Tom Cruise mempopulerkannya lewat film Top Gun (1986). Wayfarer masuk dalam sunglasses berkarakter retro yang kembali naik daun saat ini. Pertama kali diperkenalkan oleh Ray Ban sejak tahun 1956, model wayfarer tetap abadi menjadi ikon mode yang paling berpengaruh hingga saat ini. Flat tops merupakan perkembangan bentuk wayfarer dengan ciri khas garis rata pada bingkai atasnya. Kacamata hitam tipe ini begitu kental dengan tampilan hipster dan cocok bagi Anda yang berani untuk berinovasi gaya. Sport sunglasses adalah jenis kacamata hitam yang memang digunakan saat Anda berolah raga. Biasanya olah raga outdoor seperti golf, rally, atau jogging membutuhkan kacamata hitam dengan bentuk yang nyaman digunakan.

Jam Tangan

Sesuaikan lingkar pergelangan Anda dalam memilih jam tangan yang tepat sebagai aksesoris.

Sumber: trashness.com

Sebagai penunjuk waktu, kehadiran jam tangan dalam perkembangannya telah menjadi simbol mode bahkan status sosial. Anda mungkin termasuk orang yang enggan memakai jam tangan karena merasa kurang nyaman di tangan, tetapi ada baiknya Anda memiliki aksesoris ini walaupun hanya satu. Arloji dapat menambahkan tampilan yang lebih berwibawa saat Anda mengenakannya. Sesuaikan juga ukuran tangan Anda saat memilih jam tangan. Jika lingkar pergelangan Anda tergolong kecil, hindari jam tangan dengan lingkar besar serta desain yang memiliki banyak detil. Merek-merek arloji seperti Breitling, Hublot, atau Omega umumnya memiliki desain jam tangan dengan diameter yang cukup besar, cocok untuk lingkar pergelangan yang besar dan kekar. Untuk Anda yang memiliki lingkar pergelangan berukuran kecil, gunakan tipe-tipe arloji klasik dengan sabuk kulit atau jam rantai dengan model yang simpel.

Sumber : http://www.talkmen.com

One thought on “Lima Aksesoris Yang Wajib Dimiliki Pria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s