Blues: Sejarah Awal Terciptanya Genre Musik Paling Berpengaruh di Dunia

 

Early Years of Blues
Keterkaitan kuat antara musik blues dan perbudakan di Amerika masa lampau.
Blues merupakan musik penuh emosi yang tercipta diantara kalangan bawah.

Musik blues lahir di antara para pekerja kulit hitam di bagian selatan Amerika Serikat. Sejak akhir abad ke-17, mereka dibawa oleh koloni kulit putih dari rumah mereka di Afrika untuk dipekerjakan sebagai budak di AS. Bagi kaum kulit putih, kaum kulit hitam sangat cocok untuk pekerjaan ini karena tangan mereka yang kuat dan punggung mereka yang kokoh. Para budak ini didatangkan hanya dengan dua tujuan: bekerja dan mencari uang, tanpa hak untuk menyuarakan apapun. Lama kelamaan kaum kulit hitam mulai sadar tentang pentingnya kebebasan dan ingin diakui oleh kaum kulit putih yang kurang menganggap hakikat mereka sebagai manusia. Disini lah blues mulai muncul.

Para ahli sejarah percaya bahwa blues adalah suatu bentuk invasi kaum kulit hitam untuk mendapatkan perhatian dari kaum yang memperbudak mereka. Namun blues sebenarnya adalah pancaran kemarahan, sakit hati, kesendirian dan kebebasan dengan lirik-lirik yang penuh dengan emosi. Tidak heran jika melihat para gitaris blues terlihat begitu menghayati permainannya dengan skill gitar mereka yang dahsyat. Para kaum kulit putih Amerika sendiri mulai tertarik dengan genre musik ini pada awal abad 20, yang akhirnya berpengaruh banyak dalam hubungan antar ras dengan berbagai sisi positif dan negatif.

Kerasnya dunia perbudakan di Amerika diduga menjadi pemicu munculnya blues yang pernuh emosi.

Sumber: messagesofkindness.wordpress.com

Tidak ada cerita pasti tentang sejarah kelahiran musik blues secara resmi karena musik ini awalnya hanya dimainkan oleh kalangan bawah sehingga dokumentasinya sangat minim. Beberapa musisi memiliki bermacam cerita tentang era awal blues, salah satunya adalah W.C Handy yang dijuluki sebagai The Father of the Blues. Handy bercerita dalam autobiography-nya tentang pengalaman ketika ia melakukan perjalanan dengan kereta dan berhenti di stasiun Tutwiler, Mississippi tahun 1903. Ia menulis: “Aku terbangun oleh seorang gelandangan kulit hitam memetik gitar di sampingku dan membuat aku terbangun dari tidurku. Pria gelandangan tersebut memakai pakaian jembel dan jari kakinya nampak keluar dari sepatunya yang lusuh. Wajahnya menggambarkan kesedihan yang tidak bisa dijelaskan. Ia mulai memainkan gitarnya dengan style ala Hawaii yang dimodifikasi dengan versinya sendiri… efek yang disebabkan petikannya tidak akan kulupakan. Lagunya juga membuatku terbengong sejenak, ia terus mengulang lirik: “Goin’ where the Southern cross’ the Dog” selama tiga kali. Lirik tersebut menjadikannya sebagai musik paling asing yang pernah aku dengar.”

Handy sendiri selanjutnya menggunakan bait “Southern cross’ the Dog” dalam lagunya Yellow Dog Rag yang direkam tahun 1914, kemudian judul tersebut diubah menjadi Yellow Dog Blues ketika musik blues mulai mainstream. Yellow Dog sendiri merupakan nama panggilan dari jalur kereta api antara Yazoo dan bukit Mississippi.

Sebuah music sheet (lembaran musik) milik Hart A. Wand yang berisikan lagu berjudul Dallas Blues ditetapkan sebagai tonggak awal blues dalam industri musik dunia. Namun Dallas Blues bukanlah satu-satunya blues music sheet pertama, karena di tahun yang sama diterbitkan juga sebuah lembaran milik Tin Pan Alley dengan lagu Baby Seals’ Blues dan sheet lagu Memphis Blues milik W.C. Handy. Perdebatan inil disebabkan karenablues semakin mainstream di seluruh kalangan dan sudah tidak memandang ras seperti masa awalnya.

Ma Rainey dan bandnya. Ma adalah salah satu wanita paling berpengaruh dalam musik blues.

Sumber: jazzhound.net

Nama hebat lain yang perlu disebutkan adalah Ma Rainey yang dinobatkan sebagai Mother of the Blues. Ma Rainey yang memiliki panggilan ‘Ma’ memulai karirnya dalam usia muda, ia mulai melakukan debut pada 1900 di Springer Opera House pada usia 14 tahun. Ma juga menjadi orang pertama yang membawa blues ke panggung pada tahun 1902.

Sumber : http://www.talkmen.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s